Jumat, 07 Februari 2014

SMK N 2 Semarang: Grooming



   Grooming
Grooming  adalah penampilan diri seseorang yang terjaga, menarik, dan selalu rapi. Jadi grooming dalam komunikasi interpersonal ialah penampilan diri yang terjaga, menarik, dan selalu rapi pada saat dia berkomunikasi dengan orang lain.
   1.      Kesehatan Tubuh
a.       Makan makanan bergizi
b.      Olahraga
c.       Istirahat yang cukup
   2.      Perawatan anggota tubuh
a.       Perawatan rambut
b.      Perawatan mata
c.       Perawatan gigi
d.      Perawatan wajah/muka
e.       Perawatan kulit
f.       Tangan dan kaki
g.      Napas tidak sedap dan bau badan
h.      Kuku
   3.      Busana kerja dan aksesori, Kegunaan berbusana
a.       Pelindung kulit/badan dari cuaca dingin dan panas
b.      Sebagai alat/sarana penunjang penampilan
c.       Menyembunyikan bagian tubuh yang kurang baik dan menonjolkan bagian tubuh yag bagusan
d.      Menutupi bentuk tubuh yang pendek, gemuk, tinggi, kurus dan sebagainya
Berbusana harus berprinsip pada beberapa hal, yaitu:
SE : Sepadan/Sesuai
RA : Rapi
SI  : Sikap
Sepadan/Sesuai dengan:
a.       Bentuk tubuh
b.      Usia
c.       Waktu (Pagi, siang, sore atau malam)
d.      Tempat
e.       Anggaran

Rapi, maksudnya:
a.       Bersih dari noda-noda kotoran, make-up, makanan, keringat dan parfum
b.      Tidak terlihat lusuh, lecek, atau kusam
c.       Tidak robek/berlubang atau ada beberapa jahitan yang lepas
d.      Tidak terdapat benang-benang yang lepas
e.       Tidak ada kancing yang lepas atau hilang
f.       Tidak terlalu longgar, ketat, pendek, panjang, atau lebar
g.      Tidak berbau apek
h.      Tidak dijumpai garis-garis atau bayangan pakaian dalam
Sikap, yaitu:
a.       Pribadi si pemakai
b.      Gaya penampilan pribadi

Busana kerja yang lazim digunakan berikut ini:
1)      Busana kantor untuk wanita, sebaiknya;
a)      Gaun terusan dengan blazer
b)      Rok span dengan blus gaya kemeja
c)      Rok span, celana panjang, blus dan blazer yang terkesan sportif dan feminim
d)     Pemakaian jilbab, rok panjang sebatas mata kaki, tidak menyentuh lantai, dan jilbab sebaiknya yang berkesan modis
2)      Busana kantor untuk pria sebaiknya:
a)      Kemeja lengan panjang
b)      Dasi
c)      Celana panjang
d)     Ikat pinggang
e)      Kaos kaki
f)       Sepatu
g)      Arloji jam tangan
h)      Jas
    4.      Cara berbicara
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam berbicara;
a.       Tidak bersifat ceroboh
b.      Tidak menyinggung perasaan orang lain
c.       Tidak memperbincangkan masalah pribadi
d.      Tidak gemar memuji diri sendiri
e.       Menghindari gosip
f.       Tidak memotong pembicaraan
g.      Tidak membesarkan persoalan yang sepele

     5.      Cara mendengarkan
Mendengarkan orang lain yang sedang berbicara merupakan bentuk menghargai orang lain. Jika ingin dihargai orang lain, maka hargailah orang lain terlebih dahulu.
     6.      Cara duduk
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam cara duduk, diantaranya:
a.       Atur badan sedemikian rupa agar tidak merasa pegal, lelah, dan bosan
b.      Hilangkan kebiasaan menggetar-getarkan kaki
c.       Khusus untuk wanita, jaga agar lutut tetap berdekatan
d.      Jangan duduk melorot ke bawah dengan kepala bersandar
e.       Menyilangkan kaki karena lelah duduk, dapat dilakukan, namun tetap memperhatikan kesopanan
    7.      Cara berjalan
a.       Tunjukkan ekspresi tanda rasa percaya diri
b.      Tidak menyeret-nyeret sepatu
c. Jaga keseimbangan badan, usahakan berjalan tidak dibuat-buat dan tidak menunduk, atau menengadah
d.      Keluar masuk ruangan, wanita mendahului pria
e.       Menggunakan tangga eskalator, ketika naik, pria terlebih dahulu, kemudian sebaliknya, ketika turun, wanita terlebih dahulu disusul pria.